Powered By Blogger

^^WelcÔm3 tø Mý room^^

[all about something]

Jumat, 01 Juli 2011

Perbedaan GPS dan A-GPS, serta fungsi menurut kebutuhan dan aksesnya

Anda yang sering touring ke berbagai tempat yang jauh/terpencilmungkin suda tidak asing dengan GPS (Global Positioning System). Malah selain hardware khusus, GPS sudah banyak diterapkan sebagai fitur didalam ponsel pintar.

Manfaat utama dari teknologi ini adalah pemetaan lokasi dimana pengguna dapat mengetahui posisi/letak suatu tempat atau benda tertentu. GPS juga membantu untuk mencari rute tercepat dan banyak digunakan sebagai alat bantu navigasi.

Lantas apa bedanya A-GPS (Assisted Global Positioning System) dan GPS?
Mungkin masih banyak diantara kita yang belum memahami perbedaan kedua sistem ini. Yang manakah yang cocok dengan keperluan Anda? Sebenarnya kedua sistem ini serupa tapi tak sama, singkatnya A-GPS memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih banyak layanan di perangkat bergerak, sedangkan GPS biasanya lebih akurat dibandingkan A-GPS.

Perangkat GPS (biasanya merupakan perangkat khusus, bukan ponsel) menentukan lokasi dari minimal 3 satelit yang membentuk kawasan segitiga dengan mencari longitude, latitude, dan data lainnya yang diperlukan.

Hal ini membutuhkan waktu kira- kira 12 menit untuk menentukan lokasi ketika perangkat khusus GPS dinyalakan. Cukup lama namun setidaknya pengguna tidak perlu memiliki akses ke operator ponsel untuk mengoperasikan GPS.
Sedangkan A-GPS yang biasanya ditanamkan di ponsel dapat menemukan lokasi dengan lebih cepat, bahkan kurang dari 20 detik. Ini dikarenakan A-GPS langsung mencari satelit yang terdekat dengan lokasi ponsel saat itu melalui operator telekomunikasi.

Hanya saja lokasi yang dilacak memang tidak seakurat GPS. Nah tinggal melihat gaya hidup masing-masing:
"Bagi anda yang tinggal di perkotaan dimana provider ponsel selalu memberikan layanan sinyal yang baik, A-GPS tepat menjadi pilihan anda, apalagi kelebihannya dapat menemukan lokasi dengan cepat."

"Sebaliknya bila anda tipe petualang atau sering berada di area yang layanan sinyalnya kurang menjangkau, sepertinya penggunaan GPS lebih tepat karena tidak bergantung dengan layanan seluler sehingga dapat digunakan di medan/lokasi manapun."
_moga bermanfaat_^^


by : dhikz_master IT

(http://www.teknokers.com/2011/05/perbedaan-gps-dan-gps-serta-fungsi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar